Rabu, 02 Maret 2016

NAPAS





Manfaat Kesehatan Menghirup Napas Dalam-dalam

Manfaat Kesehatan Menghirup Napas Dalam-dalam
Ilustrasi latihan menarik napas dalam-dalam (Pixabay)

 VIVA.co.id - Jika Anda merasa marah, sedih atau terbebani dengan masalah yang terjadi dalam hidup, Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri.
Tak hanya itu, latihan menarik napas dalam-dalam juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Ya, latihan sederhana ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi mereka yang tengah mengalami stres atau depresi.

Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Times of India.
Mengurangi stres
Latihan menarik napas dalam-dalam dapat mengurangi tingkat stres, panik, rasa takut dan membantu Anda berpikir dengan jernih. Menarik napas dalam-dalam juga menstimulasi sistem saraf parasimpatetik, yang melambatkan detak jantung. Manfaat lainnya adalah menurunkan tingkat tekanan darah.
Mendetoksifikasi tubuh
Menarik napas dalam-dalam akan membersihkan darah, memompa darah ke seluruh bagian tubuh dan membuang racun dari dalam tubuh Anda.
Membangun otot pada paru-paru
Latihan ini juga akan menguatkan otot-otot di paru-paru dan meningkatkan suplai oksigen di dalam tubuh. Gaya hidup umumnya membuat orang menghirup oksigen lebih sedikit. Nah, menarik napas dalam-dalam akan memastikan Anda membutuhkan kadar oksigen yang cukup. Kekurangan oksigen merupakan penyebab rasa lelah dan kurang tanggap dengan hal-hal yang terjadi di sekitar Anda.
Perlu diketahui, cara melakukan latihan menarik napas dalam-dalam bisa dilakukan dengan cara duduk bersila di kursi atau di lantai, dan letakkan kedua tangan di lutut. Kencangkan perut dan hirup napas dalam-dalam, lalu hembuskan secara perlahan. (ase)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar